Pages

Subscribe:

Rabu, 25 April 2012

News Item (Bhs. Inggris XII)

.


News item adalah salah satu jenis "text" yang bisa mengantarkan kita menjadi seorang jurnalis handal. Dengan mempelajari teks ini, kita setidaknya sudah berlatih untuk bisa menulis layaknya seorang penulis berita profesional. Oleh karena itu, jangan malas jika guru sobat menyuruh mengerjakan tugas membuat teks berita berbahasa Inggris, oke? Ya mungkin saja kelak sobat bisa menjadi jurnalis kelas kakap :)

Namun, jika sobat belum sepenuhnya memahami news item text ini, sobat tak usah bersedih hati; semoga dengan membaca tulisan ini sobat bisa lebih pintar dari bapak / guru sobat dalam menulis news item text :)



Pengertian News Item

News item is a text which informs readers about events of the day. The events are considered newsworthy or important. (News item adalah teks yang memberikan informasi tentang kejadian / peristiwa harian. Peristiwa harian ini dianggap pantas dijadikan berita atau [bisa dibilang] penting)

Artinya, jika ada suatu peristiwa penting yang patut diketahui oleh banyak orang, maka peristiwa ini pantas dijadikan berita. Nah, teks berita itulah yang dinamakan dengan news item. Namun, jika ada peristiwa yang tidak pantas diketahui oleh orang banyak, maka peristiwa tersebut jelas tidak layak dijadikan berita.


Generic Structure of News Item

Ada tiga susunan umum dalam menulis news item, berikut adalah generic structure dari News item :
  1. Main Events : Kejadian utama yang pantas dijadikan berita.
  2. Elaboration : Penjelasan mengenai latar belakang adanya peristiwa tersebut; orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut; tempat peristiwa terjadi; dan lain-lain..
  3. Resource of Information [Source] : Sumber berita; komentar para saksi; pendapat para ahli; dan lain-lain.
Untuk poin pertama, kejadian utama harus benar-benar pantas diberitakan. Jangan sampai ada hal ga penting dijadikan heboh karena masuk berita, nanti dianggap pembaca / penonton berita tidak menyukai berita tersebut. Misalnya: Pak Momod Pergi ke Pasar Membeli Beras.. waduh siapa tuh pak Momod.. :)


Ciri-Ciri News Item

Banyak sekali ciri umum news item text; ciri paling menonjol adalah bahasanya singkat padat dan tidak bertele-tele. Beberapa lagi diantaranya :
  1. Sering menggunakan action verbs
  2. Dominan menggunakan saying verbs
  3. Banyak menggunakan adverb of time, adverb of place, adverb of manner.
Catatan :

  • Action verb adalah kata kerja yang menunjukan aktifitas. (lebih jelas lagi baca : Dynamic Verbs) 
  • Saying verb seperti "diberitakan, dikatakan, dikutip, mengatakan, memberitakan, mengutip".
  • Adverb baca : Jenis Adverb


Contoh News Item

Pamekasan student wins math contest in Romania


Alyssa Diva Mustika, a student from Pamekasan Junior High School, East Java, won the gold medal at the International Mathematics Contest held in Romania between March 22 to 29, Antara news agency reported.

news itemSpeaking to journalists, Diva said she was glad that she had been able to win the competition, which she said had been very tight. “Thank God I won. I will study harder,” she said.

Indonesia sent 10 students to the competition in Romania. Diva is not the first Pamekasan student to win an international science competition. Oktavian Latief, a student from SMA Negeri 1 Pamekasan won gold at the International Physics Olympiad in 2006. Another student, Shohibul Maromi, won the same award in 2010.

“I thank Diva for giving a good name to Indonesia and Pamekasan on the international stage,” Pamekasan Regent Kholilurrahman said as quoted by Antara.

Analisis Contoh News Item di atas :

Paragraf Pertama : Main Events
Paragraf Kedua & Ketiga : Elaboration
Paragraf Keempat : Sources.

Mudah tidak?

Lebih banyak contoh news item, sobat baca saja di menu berita disamping daftar isi di atas ya... atau bisa juga ke situs berita berbahasa Inggris favorit saya; di thejakartapost.

Semoga bermanfaat....

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered By Blogger